Kamis, 17 Desember 2020

TUGAS? - B Aja!


 

Tugas teross!!

Mungkin itu yang lagi banya terucap dari mulut kita para pelajar ya. Apalagi di masa pandemi covid-19 ini selalu aja, selalu dateng tugas yang antriannya itu gak pernah selesai. Untuk anak SD,SM,SMA sampe ke anak kuliahan seperti gua kayaknya kebagian semua deh ya. Dan pastinya gua menjadi salah satu bagian dari mahasiswa, yang mersakan bejibunnya tugas tersebut.

Gua turut prihatin lah buat anak-anak sekolahan. Secara gitu kan, guru-guru sekolah itu biasanya rajin-rajin ngasi tugas, dan gak akan segan-segan selama itu ada di dalam kurikulum. Rasanya berbeda banget gitu dengan gua yang anak kuliahan, yang banyak tugasnya masih bisa di tolerir gitu. Meskipun begitu gua gak bisa bilang kalau tugasnya sedikit.

Temen-temen gua bahkan selalu panik kalau tiba-tiba ada tugas, dan merasa bingung harus bagaimana buat menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Sebagian dari mereka ada yang ngeluh-ngeluh gak jelas, bahkan sampai ada yang teriak-teriak macam mau berubah jadi super saiyan gitu. kalo-ini-becanda-sih.

Tapi maaf, gua gak termasuk dari golongan mahasiswa-mahasiswi panikan tersebut, karena gua adalah orang tersantuy ketika tugas dateng berturut-turut sekalipun. Ini bukan melebih-lebihkan ya, tapi alasan gua selalu santuy, karena gua sudah paham dengan trik-trik dari pengerjaan tugas tersebut. Dan ini berlaku untuk semua mata kuliah yang pernah gua temuin.

Serius!!, dari sejak gua baru masuk kuliah sampai sekarang, cara kerjanya ya gitu-gitu aja!!

Sini gua jelasin. Gua gak tau apakah ini juga berlaku di kampus kalian atau enggak, tapi di kampus gua selalu begini. 

Yang Pertama - Gak perduli serajin apapun lo ngerjain tugas. Bahkan sampai mati-matian ngerjain UTS. Sebagian dosen selalu menilai dari UAS lo aja. Jadi walaupun lu udah ngerjain tugas dan uts, kemuadian semua nilai lu disitu seratus misalkan. Tapi kalau lu di UAS gak sesuai dengan yang diharapakan. Maka nilai tertinggi yang bisa lu dapatkan bisa di pastikan adalah Nilai B.

Jadi daripada fokus buat ngerjain tugas yang dikasi sama dosen. Gua biasanya lebih fokus untuk belajar bagaimana menyelesaikan UAS yang akan jadi musuh utama gua nanti. Logikanya sederhana, yaitu kalau gua bisa menyelesaikan UAS, apalagi yang sekelas UTS bahkan sekedar Tugas. Pasti dilibas!!

Caranya gimana?, yaitu dengan belajar materinya duluan. Walaupun nanti pas nugas lu keliatan gak pernah belajar, dan kebingungan ketika awal-awal baca soal. Pada akhirnya lo bakalan inget semua yang pernah lu lewatin ketika belajar. Karena belajar itu bukan tentang menyimpan semuanya didalam otak lo cuy, tapi sebatas ngasi sign/tanda supaya lo bisa dengan mudah mencari point yang perlu di ambil ketika lo mengulang materi tersebut di lain hari.

Dengan cara itu juga akan secara otomatis membangun rasa penasaran lo buat belajar. Dan gak merasa tertekan karea deadline tugas yang dikasi sama dosen.

emmm.. Semoga lu paham.

Yang Kedua - Lo punya mbah gugel. Percaya atau tidak, hampir dari sebagian dosen yang pernah gua temui, selalu nyomot soal dari gugel. Ada yang lumayan pinter buat ngilangin sumber dari soalnya, tapi ada juga yang saking rajin dan baik hatinya gak mengubah soalnya sama sekali. Bahkan kalau misalkan lo lag iseng buat ngetes. Tugas dari dosen rajin ini bisa lo temukan jawabannya hanya dengan mengCopy soalnya di kolom pencarian gugel, dan jika beruntung maka urutan pertama sampai beberapa dibawahnya berisi jawaban penuh dari soal tersebut.

Jadi gak perlu khawatir. Dosen dan Mahasiwanya sama-sama bergantung di mbah gugel kok. dan kabar gembiaranya, kita semua punya hak akses yang sama untuk berbincang dengan si gugel ini. Gak-sesulit-ketemu-presiden-kok

Yang Ketiga - Lo Punya Temen kan?, Sampe sini lo paham lah..

Mau seperti apapun ancaman yang di kasi dosen untuk mahasiswa, kalau misalkan ketahuan mencontek dari temen, hal itu gak bener-bener mereka lakuin kok. Percaya deh, dari satu orang yang ngerjain tugas, hampir semua temen kelasnya minta contekan ke orang yang pertama ini. Kalaupun mereka edit sedikit dari jawaban awal ke jawaban versi mereka, pasti kelihatan banget kalau itu adalah hasil contekan atau bahasa halusnya sih copas dari temen.

Apalagi kalau lagi kepepet. Terkadang saking buru-burunya, anak SD aja bakalan tau kalau jawaban versi lo itu benar-benar hasil contekan. Tapi apakah benar dosen melakukan pemotongan nilai atau penolakan atas tugas yang lo serahkan tersebut?.

Kalo itu sih tergantung dosennya, tapi sebagian ya cuma ******* Doang. Tapi lakuin ini kalau lu lagi kepepet aja ya, jangan dijadikan sebagai senjata utama. hehe..

Itu aja tipsnya.

Mugkin ini gak pantan kalau disebut tips,tapi gua berharap paling tidak dengan lo tau kenyataan ini, lo gak bakalan jadi siswa atau mahasiswa yang panikan kalo udah di kasi tugas. Tapi kalau dengan trik kayak gini  lo belum bisa juga buat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Maka kemanusiaan lu perlu dipertanyakan cuy..

Intinya itu aja sih.. tetap santuy dan kerjain aja. "Karena sesulit apapun tugas yang dikasi oleh pengajar. Pada akhirnya akan selesai kalau dikerjakan". Cmiw~

Terima kasih..

Latest
Next Post

jadi ya? itu aja sih..

0 komentar: